Cara membuat jengkol cumi balado

Putri Busana Anak Murah Meriah

Cara membuat jengkol cumi balado, wisata kuliner khas
Cumi kering gurih dengan baluran cabe dipadu dengan jengkol yang tua luar biasa nikmatnya. Bahan yang diperlukan untuk cara membuat jengkol cumi balado sebagai berikut :

1. Cumi kering 1 ons direndam dengan air panas lalu dicuci bersih
2. Jengkol 1 ons, direbus tambah sedikit garam lalu di buang kulitnya dan dibelah dua
3. Cabe merah keriting 10 buah
4. Bawang merah 3 siung
5. Tomat 1 buah
6. Minyak sayur secukupnya
7. Garam secukupnya
8. Penyedap rasa

Cara membuat jengkol cumi balado

1. Bumbu : cabe, bawang merah dan tomat direbus dengan air hingga matang tambahkan garam seperlunya. Setelah itu buang airnya dan semua bahan diatas diulek / blender hingga rata.

2. Panaskan minyak sayur secukupnya dan goreng jengkol. Tips menggoreng jengkol yang telah  direbus adalah jangan terlalu lama didalam api panas, karena jengkol rebusnya akan cepat kering sehingga alot saat dimakan. Lalu tiriskan 

3. Selanjutnya Goreng cumi kering yang sudah direndam air panas tersebut dan tiriskan.

4. Bumbu yang sudah diulek rata digoreng dengan menggunakan sisa minyak goreng jengkol dan cumi kering. Tunggu hingga harum dan matang lalu campurkan jengkol dan cumi yang telah digoreng tersebut. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Masakan jengkol cumi balado ini adalah alternatif masakan favorit kalangan menengah dan bawah Bangsa Indonesia, kendati gizi nya tidak terlalu banyak namun jadi  pilihan umum masyarakat Indonesia karena murah dan bisa dimakan banyak orang.

Cocok dipadukan dengan sayur tumis kangkung balacan atau tumis bayam. Nikmat disajikan dalam keadaaan hangat. 

Demikianlah cara membuat jengkol cumi balado salah satu kuliner khas Indonesia,  semoga cara membuat jengkol cumi balado yang disiapkan  untuk 4 porsi dengan waktu masak 35 menit. Semoga bermanfaat. Salam wisata kulier khas Indonesia.


Putri Busana Anak Murah Meriah

Artikel Terkait

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar